Pages

kompetensi agama islam, x smk namira, kopetensi agama islam

Sabtu, 14 Mei 2011

SHALAT

Shalat merupakan sarana penghubung antara seorang hamba dengan penciptanya. Dijadikan sejuk kedua mata ini dengan shalat. Apabila Rasulullah SAW menghadapi perkara-perkara yang berat, beliau SAW menghadap kepada Allah SWT dan mendririkan shalat. Rasulullah SAW sering mengatakan kepada Sahabat Bilal bin Rabah ra: ”Arihni biha ya bilal.” yang artinya senangkanlah aku dengan mendengarkan suara adzan, Wahai Bilal. Namun sayangnya manusia zaman sekarang banyak yang tidak memahami apakah maksud faedah mendirikan shalat.



Kita umat Nabi Muhammad SAW dengan hanya dua raka’at saja sudah diberi balasan pahala yang begitu besar oleh Allah SWT. Shalat merupakan tiang agama. Perintah shalat merupakan perintah teragung dalam risalah kenabian Nabi Muhammad SAW. Shalat merupakan perintah terbesar diantara perintah yang lainnnya. Perintah shalat ini merupakan kekhususan bagi umat Nabi Muhammad SAW.


Semua perintah Allah SAW kepada Nabi Muhammad SAW diterima melalui perantara Malaikat Jibril as, namun perintah yang satu ini lain dari pada yang lainnya. Nabi Muhammad SAW dipanggil langsung kehadirat Allah SWT melalui mi’raj untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu. Inilah yang menjadikan perintah shalat ini begitu agung dan istimewa. Bayangkan…bertemunya antara makhluk yang sangat dicintai oleh penciptanya dengan Sang Pencipta.


Hendaknya kita memperhatikan shalat kita, khusyu’ dalam shalat merupakan kunci kesempurnaan dan gambaran dzahir diterimanya shalat kita. Shalat yang tidak khusyu’ digambarkan seperti jasad tanpa ruh bayangkan, jikalau ada seseorang yang memberikan hadiah kepada seorang raja atau kepada seorang pembesar, namun yang kita berikan adalah seorang hamba sahaya yang tanpa ruh (sudah mati). Pasti kita akan dicaci –maki, bahkan dihukum oleh raja atau si pembesar itu, karena kita telah menghadiahkan sebuah bangkai kepadanya.


Sedikitnya ada enam syarat untuk mendapatkan shalat khusyu’ :
 1. Dengan hati yang hadir. Maksudnya merasakan kehadiran hati ketika mengucapkan bacaan dalam shalat dan ketika melakukan gerakan dalam shalat.
2. Harus memahami makna-makna yang dibaca di dalam shalat.
3. Hendaknya mengerjakan dengan perasaan ta’dzim, penghormatan dan pengagungan terhadap yang sedang kita hadapi, yaitu Allah SWT.
4. Harus memiliki rasa takut terhadap yang sedang kita hadapi, yaitu Tuhan Semesta Alam.
5. Memiliki pengharapan dengan sungguh-sungguh, bahwa shalat yang kita kerjakan, akan diterima oleh Allah SWT

   6. Memiliki perasaan malu terhadap Allah SWT, karena kita merupakan makhluk yang penuh kekurangan di sisi-Nya
 
1. حديث : رجب شهر الله, وشعبان شهري, ورمضان شهر أمتى. فمن صام من رجب يومين. فله من الأجر ضعفان, ووزن كل ضعف مثل جبال الدنيا, ثم ذكر أجر من صام أربعة أيام, ومن صام ستة أيام, ثم سبعة أيام ثم ثمانية أيام, ثم هكذا: إلى خمسة عشر يوما منه.
Artinya : “Rajab adalah bulan Allah, Sya`ban bulan Saya (Rasulullah Shollallahu `alaihi wa Sallam), sedangkan Ramadhan bulan ummat Saya. Barang siapa berpuasa di bulan Rajab dua hari, baginya pahala dua kali lipat, timbangan setiap lipatan itu sama dengan gunung gunung yang ada di dunia, kemudian disebutkan pahala bagi orang yang berpuasa empat hari, enam hari, tujuah hari, delapan hari, dan seterusnya, sampai disebutkan ganjaran bagi orang berpuasa lima belas hari.

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِأَبِي الْعَاصِ ابْنِ رَبِيعَةَ بْنِ عَبْدِشَمْسٍ فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا وَإِذَا قَامَ حَمَلَهَا[1]
Diriwayatkan dari Abu Qatadah r.a ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah s.a.w pernah Shalat sambil menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah SAW. (Menurut keterangan ayahnya bernama Abu al-As bin Rabi'ah), ketika Rasulullah berdiri, Umamah digendongnya dan ketika Rasulullah sujud, Umamah akan diturunkannya (HR. Buhkari)

18 komentar:

ismail_arz mengatakan...

wow..

sandra pratama sutrisno mengatakan...

subhanalloh,, blog yang bagus

Nur mengatakan...

Mashaallah masukan yg baik sekali izinkan saya mem blog web site mu yaa sahabat...inshaallah....

reza aconk mengatakan...

terima kasii ya semua
atas pujian nya!!!

ya sekalian membuat saya menjadi lebih smngat lg
thank semua

Unknown mengatakan...

blog anda juga bagus
makasih atas kunjungannya
aku lagi belajar, salam silaturahim semoga bisa terus ber-sillah. maaf blog romantika akan di perbaharui dan akan tetap di www.romantikag40.blogspot.com dan di www.motekar-lihay.co.cc
syukron jazilan.

rafaqo mengatakan...

subhanalloh...
nice posting...

Unknown mengatakan...

Assalaamu'alaikum, Subhanallah blog anda juga bagus. Terima kasih atas pujia pada blog saya. Tapi mohon maklum saya masih awam. Salam kenal dan semoga sukses slalu. Wassalaamu'alaikum Wr,wb.

Sastro Pawiro mengatakan...

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,, blog anda lebih bagus

Tarbawia mengatakan...

Alhamdulillah, bisa silaturahim ke blog yang kontennya Islami ini. Menyebar dakwah insya Allah akan menjadikan hidup lebih barakah.

Salam ukhuwah

Tgk Alizar Usman mengatakan...

terima lasih atas kunjungan dan pujiannya. mudah2an kami tidak takabbur karenanya

reza aconk mengatakan...

aminnn

thank semuanya telah berkunjung ke blog saya ini

BIN HAKIM mengatakan...

Ada award lagi untuk anda, silakan anda ambil di http://binhakim.blogspot.com/2011/05/alhamdulillah-dapat-4-award-sekaligus.html

Trims

ini blog seamee mengatakan...

bagus blognya...karna saya pemula dalam dunia blog ini,...dan saya masih belajar,mohon petunjuknya...^_^...

Unknown mengatakan...

kereennnn .. lengkap pelajaran Islamnya. ga malu sy mau belajar dr sini. udah follow tuh, follow sy ya dan jgn lupa klik adsense-nya biar dapaet uang jajan .. makasih.

BIN HAKIM mengatakan...

Bro, link saya kok blm ada di blog keren ini, padahal link agan sdh sy pasang lama sekali di blog saya

Salam....

BIN HAKIM mengatakan...

Nice Post....

Lama tak berkunjung kangen jg

Gimana kabarnya bro?
Sehat kan?

mistik mengatakan...

wah blognya baguss ga, makasih udah di suguhin kopi pas mantab,,,,,heheheheh

Yuni Kartika mengatakan...

bagus blognya

Posting Komentar

 
 
 

Flag Counter

free counters

Pengikut